Sunday, January 24, 2010


Song Seung-Heon, Aktor Terbaik Korea 2008

Para pemain serial drama "East of Eden" menerima penghargaan, Rabu (31/12). Salah satunya adalah penghargaan sebagai 'Aktor Pria Terbaik' yang diraih Song Seung-Heon. Ini merupakan sebuah penghargaan tertinggi dan membanggakan bagi Song Seung-Heon.

Siapa yang tidak kenal aktor satu ini. Ia adalah contoh aktor Korea yang bisa mentransformasi diri.
Semula publik Korea, terutama kaum perempuan, mengenal Song Seung-heon lembut bahkan melankolis dan bertubuh semampai.

Apalagi setelah melihat aktingnya yang mellow di Autumn Fairy Tale atau Autumn in My Heart (2000) bersama Song Hye-kyo dan Won Bin. Berkat serial ini pula, Seungheon dipilih sebagai aktor terpopuler dari stasiun televisi KBS, yang menayangkan Autumn Fairy Tale. Setahun kemudian giliran stasiun televisi SBS yang memberinya penghargaan Top Ten Popularity Award.

Song-heon kembali dilirik setelah debut film pertamanya, Calla (1999). Ia mulai mendapat perhatian publik Asia. Ia tak hanya dicintai di Korea.

Publik Jepang, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Indonesia juga memuja pria yang merampungkan pendidikan visual media di Universitas Kyunggi itu.

Saat kariernya di puncak, Seong-heon mendapat panggilan negara. Ia harus menjalani wajib militer selama dua tahun hingga 2006 meski menderita tekanan darah tinggi dan mengidap diabetes.

Pada 2007, ia masuk 10 besar selebritas "hallyu", istilah pelaku industri hiburan Korea. Ia berada di nomor tiga setelah Bae Yongjoon dan Rain. Seung-heon berada di atas Kwon Sang-woo, Yoon Eun-hye, Choi Ji-woo, BOA, Song Hye-kyo, Hyeon Bin, dan Lee Young-ae.

Ia menandai kembalinya ke du nia hiburan dengan bermain film Fate atau Destiny (2008) bersama Kwon Sang-woo dan Ji Sung. Film yang mengisahkan tentang kehidupan preman ini mampu menembus box office di Korea.

Dalam film ini, terlihat akting Seung-heon semakin matang dan transformasi karakter dari pria lembut di Autumn Fairy Tale menjadi pria keras di Fate tergambar jelas.

Perubahan image ini kian memikat penggemarnya, terutama setelah ia menandatangani kontrak dengan stasiun televisi MBC dalam perannya, sekali lagi sebagai preman Lee Dong Chul dalam serial East of Eden. Serial kolosal ini menghamburkan banyak selebritas terkenal, seperti Yeon Jung-hoon, Lee Da-hae, Han Ji-hye, dan Dennis Oh. Serial ini berbujet 25 juta won.


Ia bersama para pemain lainnya merelakan honornya dipotong hingga 50 persen demi menekan biaya produksi.




Lee Young-Ae Raih Gelar Aktris Terbaik Korea

indosiar.com, Korea - Tidak ada kejadian yang lebih mengharukan di ajang Blue Dragon Awards 2005 selain keberhasilan Lee Young-ae meraih gelar Aktris Terbaik di ajang penghargaan yang disebut-sebut sebagai Oscar-nya Korea tersebut.

Di ajang yang telah memasuki tahun ke-26 itu, wanita yang namanya sontak melambung di Asia berkat serial Jewel in the Palace tersebut menyisihkan sejumlah aktris lain yang termasuk dalam nominasi yaitu Kang Hye-jeong, Kim Jeung-eun, Jeon Do-yeon dan Son Ye-jin.

Begitu namanya dibaca oleh aktor watak ternama Choi Min-sik, Young-ae nampak begitu terkejut sampai-sampai sulit untuk bangkit dari kursinya. Sebelumnya, manajer wanita kelahiran 1971 tersebut sempat membuat situasi 'panas' dengan mengungkapkan keraguan kalau sang klien bisa meraih piala mengingat beberapa kegagalan sebelumnya.

Sebelumnya, Young-ae kalah bersaing di dua film terakhirnya Joint Security Area (2000) dan One Fine Spring Day setahun kemudian. Hal ini tentu saja menarik, pasalnya meski dikenal sebagai aktris serba bisa dan kualitas akting yang tidak diragukan, belum satupun penghargaan domestik yang diraih.

Di atas panggung sambil menyeka air mata (saking terharunya), dengan rendah hati Young-ae mengungkapkan, "Walaupun hanya untuk saat ini, aku punya harapan supaya disukai oleh semua orang. Terima kasih atas penghargaan ini, tapi Sympathy for Lady Vengeance bukan hasil kerja kerasku sendiri melainkan usaha seluruh artis pendukung dan kru."

Secara khusus, ia tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada sutradara Park Chan-wook, seluruh kru, manajer, penata rias, sampai kedua orang tuanya dalam pidato yang berlangsung penuh emosi selama tiga menit. Selamat ya.

No comments:

Post a Comment